Jangan Meremehkan Pujian

Mengapa saya harus memuji orang lain?

Anda pasti sudah tak asing dengan film I’m not stupid 2. Salah satu pesan yang ingin disampaikan dalam film ini adalah arti penting pujian bagi seseorang, terlebih bagi seorang anak. Pujian adalah penghargaan. Penghargaan bukan hanya melulu berupa materi, kata-kata memuji juga bisa menjadi sangat berharga karena orang akan merasa hasil upayanya dihargai dan tidak sia-sia. Saya, anda dan semua orang pasti butuh pengakuan akan hasil usaha yang telah dilakukan. Dalam teori hirearki kebutuhannya Abraham Maslow menyatakan setelah kebutuhan mencintai dan dicintai manusia butuh akan penghargaan. Manusia butuh apresiasi dari orang lain. Karena pengakuan itulah yang akan memotivasi untuk terus melakukan usaha yang lebih dari yang sudah dilakukan. Pujian sebenarnya bisa menjadi kekuatan yang luar biasa bagi seseorang, namun banyak yang menyepelekan hal ini.

Kapan terakhir kali anda memuji orang lain?. Sudahkah atasan memuji bawahannya di kantor?, apakah guru sudah memuji muridnya yang tidak terlambat masuk sekolah? Apakah orang tua telah memberikan pujian kepada anak-anaknya?

Cukup mudah untuk menyadari kenapa kita harus menghargai orang lain dengan pujian. Kembalikan saja pada diri kita sendiri. Bagaimanakah rasanya apabila kita dipuji oleh orang lain?tentu akan merasa nyaman dan menjadi lebih bersemangat.

Pujian adalah perhatian

Karena penghargaan adalah kebutuhan maka manusia akan merasa ada yang kurang apabila itu tidak terpenuhi. Semua orang berhak mendapatkan penghargaan, berhak untuk mendapatkan pujian.

Pada kasus anak berperilaku menyimpang, sering melanggar tata tertib sekolah misalnya. Apabila dia telah melakukan perubahan yang baik sekecil apapun, anak akan merasa senang jika dia dipuji. Anak akan bersemangat untuk mempertahankan perilaku baiknya itu. Bahayanya jika dia melakukan pelanggaran kemudian dia dihukum, tetapi ketika dia membuat perubahan baik tidak ada apresiasi untuknya. Anak akan merasa upayanya menjadi baik itu sia-sia. Kadang ini yang tidak kita sadari. Ingin mengubah perilaku anak menjadi baik tetapi tidak memberikan penghargaan dan perhatian terhadap perubahan yang dilakukan.

Seperti itulah makna pujian. Apabila anak dipuji, dia merasa diperhatikan. Karena pujian muncul dari hati, keluar dari mulut berupa kata-kata dan gerakan tubuh seperti menyalami, menepuk pundak, dan bahasa tubuh lainnya, kemudian dirasakan orang yang menerimanya sebagai cinta dan perhatian.

Pujilah orang disekitar, sekarang

Jangan menunggu keberhasilan yang besar untuk memuji orang lain. Hal-hal kecil yang kita berikan pujian akan bisa menjadi keberhasilan yang lebih besar dimasa mendatang. Karena pujian akan menumbuhkan motivasi kerja dan belajar yang lebih kuat, pujian akan menumbuhkan semangat untuk mempertahankan keberhasilan yang telah diraih.

Dimanapun kita berada, di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat tempat kita tinggal, alangkah indah apabila hari-hari kita diwarnai dengan sikap saling menghargai. Orang tua memuji anaknya yang nilai matematikanya naik 2 poin, guru memuji muridnya yang memakai seragam rapi, pimpinan memuji bawahannya di kantor karena telah menjaga kebersihan tempat kerja. Jika ini yang terjadi, setiap orang akan merasa dihargai dan mau menghargai orang lain.(gwc)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s